<<<<< >>>>><<<<< >>>>> Ayo Kita Belajar Geografi Untuk Mengetahui Dunia Di Sekitar Kita <<<<< >>>>><<<<< >>>>>

BERTIA

Sabtu, 05 Desember 2015

VENUS



Diameter         : 12.103,6 kilometer
Massa              : 4,869 x 1.024 kilogram
Jarak dari Matahari: 108.208.930 kilometer

http://www.bobthealien.co.uk/venusmain.pngDinamakan seperti nama Dewi Cinta atau Kecantikan bagi orang Romawi. Nama itu diberikan mungkin karena warnanya yang terang. Ia adalah obyek langit paling terang setelah matahari dan bulan. Itu pulalah mungkin sebabnya, di sini kita menyebutnya Bintang Kejora atau Bintang Timur karena kerap tampak pada saat fajar atau petang hari. Planet Venus ini sudah diketahui sejak zaman prasejarah.
Venus adalah planet kedua dari matahari setelah Merkurius, dan planet terbesar kelima dalam tata surya kita. Ia kadang disebut juga planet kembaran bumi karena memiliki massa, ukuran dan komposisi kimia yang mirip.
Banyak keunikan pada Venus. Ia mengelilingi matahari dalam waktu 225 hari bumi. Tapi, butuh 243 hari untuk berotasi pada sumbunya. Jadi, satu hari Venus lebih panjang dari satu tahun bumi.
Sudah beberapa wahana antariksa tak berawak yang mengunjungi Venus. Yang pertama datang ke sana adalah Mariner 2 (1962). Misi wahana antariksa Magellan (1990-1994) milik NASA berhasil memotret Venus dan menghasilkan peta yang detail. Berdasarkan analisis wahana antariksa terungkap bahwa atmosfer asam sulfur Venus yang tebal itu mengandung karon dioksida dalam jumlah besar, yang memerangkap panas di bawahnya seperti kejadian efek rumah kaca yang dialami bumi saat ini. Akibatnya, suhu permukaan Venus sangat ekstrem panas, yakni 450 derajat Celsius.
Dari foto yang dihasilkan Magellan terlihat dataran luas yang dinamakan Lavinia Planitia. Juga terlihat tiga kawah besar bekas tumbukan meteor: Kawah Howe yang berdiameter 37,3 kilometer, Danilova berdiameter 47,6 kilometer, dan yang terbesar kawah Aglaonice yang berdiameter 62,7 kilometer. Yang paling mengesankan adalah gunung berapi yang tengah tidur, dinamakan Maat Mons, sesuai dengan nama Dewa Kebenaran dan Keadilan bangsa Mesir. Tinggi gunung itu 8 kilometer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar